Selasa, 05 Februari 2013

Cara Mudah Mengetahui Android palsu atau Tidak


 kali ini Drio AC , Dokter Android akan memberikan sebuah tutorial dan pengetahuan yang wajib dibaca para Androiders, terlebih bagi sobat yang mau membeli sebuah smartphone. Cara ini sangatlah mudah, bahkan nenek-nenek pakai sampo metal pun bisa. Ayo, kita lihat bersama.


IMEI

Apa itu IMEI?, sebelum kita mencoba tutorialnya, alangkah baiknya kita mengetahui sedikit tentang IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identitiy)  adalah sebuah kode identitas yang berada pada setiap perangkat mobile. Artinya IMEI ini bukan hanya terdapat pada Android, namun terdapat pada setiap perangkat mobile, tapi karena blog ini tentang Android, maka yang kita bahas adalah mengenai Android.

Dimana kita melihat nomor IMEI?, biasanya IMEI terletak pada beberapa bagian pada ponsel itu sendiri, coba cabut baterai sobat dan disitu terdapat nomor IMEI, cara lebih mudah lagi ketik REG spasi IMEI kirim ke 08xxxxxx (just kidding J). 

Untuk lebih mudah mengecek nomor IMEI adalah dengan mengetik *#06#, nanti akan keluar Nomor IMEI sobat secara otomatis. Contoh kode nomor IMEI dari saya.


Nah setelah sobat melihat nomor IMEI, sobat inilah yang kita gunakan untuk mengecek nomor keaslian / kepalsuannya suatu perangkat mobile, yang perlu kita perhatikan adalah angka ke-7 dan ke-8. Jika kode yang tampil pada angka ke-7 dan ke-8 adalah 00, maka, perangkat sobat buatan Perancis yang memiliki kualitas yang bagus.

Jika  02 , Perangkat sobat buatan Asia Tenggara, kualitas asia tenggara masih dianggap buruk.
Jika 03, perangkat sobat buatan Kanada, yang terjamin Bagus!.
Jika 04, perangkat buatan Korea, yang menjadi perangkat kualitas terbaik (Limited Edition).

Limited Edition
Jika 05, perangkat buatan Amerika, yang kualitasnya bagus!.

Tapi kalau, bukan angka melainkan huruf, seperti ini

Bazakan

Maka besar kemungkinan perangkat sobat yang Bazakan alias palsu L.

UPDATE!!!

Karena sekaraang dunia perkembangan teknologi sudah semakin melesat, maka boleh saya katakan bahwa kode yang mewakili negara tersebut tidak sepenuhnya benar karena terjadi perubahan standar Imei yg baru, akan tetapi kode diatas masih menentukan keasliannya. Artinya jika selain dari diatas, patut dipertanyakan tapi bukan berarti palsu, nah lalu bagaimana cara mengetahui real sebenarnya dari IMEI kita apakah benar - benar asli atau paslu atau buatan iseng - iseng, sobat bisa masuk kesitus ini:


Berikut adalah contoh bukti bahwa IMEI beserta Android itu asli
Perhatikan pengisian EMEI tersebut = AAAAAA-BB-CCCCCC-D
Nah, jika IMEI itu asli harusnya ada data - data yang keluar seperti gambar diatas, ada keterangan mengenai jenis HH nya dll. Jadi jika ketika sobat memasukan EMEI lalu tidak keluar seperti data diatas, bisa dikatakan bahwa itu palsu sob.

Nah, setelah sobat membaca postingan ini, pasti sobat langsung mencobanya, tapi setelah dicoba jangan lupa berkomentar ya J. Sekian postingan dari Drio AC , Dokter Android semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat. Bye.

241 komentar:

  1. mantap.. 04 gan
    tp itu nomer IMEI kan gan? soalnya ane belom liat imei ane

    BalasHapus
  2. kalo angka ke 7 & 8 01 gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buatan Finlandia sob,,,
      tenang, buatan Finlandia terbukti kebagusannya, hampir sama kayak Perancis 00

      Hapus
    2. Buatan Indonesia gan,,,, gpp kurang bagus kan bnyk stock... wkwkkwkw

      Hapus
  3. mntep gan, g ace ane 04....
    :D

    BalasHapus
  4. punya ane 30 gan
    tulisannya bukan imei tpi meid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja sob...
      30 sama seperti 03
      berarti buatan Kanada

      Hapus
  5. punya ane 05 buatan amrik gan.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Setau saya itu options internasional...
      tapi saya tidak mengetahui pasti tentang dari mana asal pembuatannya...

      Hapus
    2. Wuih 47 bahaya itu gan...
      itu Made in OSAMA... HE,HE

      Hapus
  7. G SII...05,Amric punya.
    Slama 2taun kupake tk pnh ada mslh.

    BalasHapus
  8. galaxy ane 04 (LIMITED EDITION) :D

    BalasHapus
  9. mas mas..punya saya kok 14,

    BalasHapus
    Balasan
    1. teman saya juga ada yang 14, dan sampai sekarang saya tidak tau code 14 itu...

      Hapus
    2. 14 itu Made in BATAM gan...

      Hapus
    3. wkakkakakkk

      Hapus
    4. iya betul iktu BATAM punya

      Hapus
  10. Yg ane 03 gan,, buatan kanada,, bagus lah!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat terselamatkan dari made in china :)

      Hapus
  11. Mito 711 termasuk android apa bukan ya.........???

    BalasHapus
  12. tpi IMEI nya 03 ??
    tlong jwaban nya

    BalasHapus
  13. Gan,Punya saya 683414988036564
    angka 7-8nya 98

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tau sob...

      Hapus
    2. dari hongkong gan.... :v :v

      Hapus
  14. ane 04, tp layar dpn nya pernah hampir lepas

    BalasHapus
  15. ane 04, tp layar dpn nya pernah hampir lepas

    BalasHapus
  16. Dapat 04 gan, nexian 899

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Wah, ane kurang tau tuh sob,,,

      Hapus
    2. pasti andromax

      Hapus
  18. Ane 05, tp skarang dAh bnyak qo... imei buatan sndri. Dgn syarat kita menjadi admin di hp android kita sndri....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bener banget tuh sob...
      sekarang kita bisa ngubah dengan mudahnya...

      Hapus
    2. gimna cara mrubah.a sob ??? :/

      Hapus
  19. Xperia ray 04 ( limited edition ) , tpi kok made in china ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin case-nya dibikin diChina, tapi dalemannya dibikin di Koreo :)

      Hapus
    2. sama gan,,saya 05 tapi made in china

      Hapus
  20. punya ane kok 30, bukan 03 itu gimana gan? tolong kasih info?

    BalasHapus
  21. Kenapa di nexian NXA891 imei cm 1..kagak ada imei 2 nya thank mbah dukun android

    BalasHapus
  22. Balasan
    1. Wah, kurang tau sob...

      Hapus
    2. Brow gmana cara nya klo mau melihat itu hp ori sama yang palsu .....maksutnya klo.di gosok ..bisa keluar android makztnya ....tapi kalau no.imei kan bisa di rubah jadi aq sendiri gak terlalu percaya makasih

      Hapus
  23. sob pnx ane nokia & se imei nya 01 tp d dusbooknya made in cina,
    :)

    BalasHapus
  24. Tx gan untk info ny.sgt menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  25. Tx gan untk info ny.sgt menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  26. Tx gan untk info ny.sgt menambah wawasan saya.

    BalasHapus
  27. ane 02 Gan
    waaaaahhhh... zinedine zidane punya brang

    BalasHapus
  28. bro gimana caranya melihat android yg cara nya dg menggosok .di bagian mana nya seting....tapi low no.imei kan bisa fi rbah .jadi saya gak terlalu percaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara rubahnya gimana gan, trims

      Hapus
  29. siipp ane ckup 05
    gan ijin share ke temen2 yaa ^_^

    BalasHapus
  30. Kalo angka ke 7 & 8 IMEI 96 gmana gan ??

    BalasHapus
  31. Saya dah cek *#06# kpk gak ada no IMEI nya..tapi di belakang
    baterainya ada no IMEI nya

    BalasHapus
  32. Saya dah cek *#06# kpk gak ada no IMEI nya..tapi di belakang
    baterainya ada no IMEI nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang ada yang tidak muncul...

      Hapus
    2. Itu gak tembus bos,biasa nya hp rekondisi/super coppy gak muncul di layar hp.

      Hapus
  33. wah punya ane 05 gan, lumayan lah.....
    thanx atas info'a gan :D

    BalasHapus
  34. q pny gal fit imei 04 n dari awal beli andridnya langsung ginggerbaid, itu palsu apa asli..??

    BalasHapus
  35. Ace ane 04(imited edition)

    BalasHapus
  36. gan gmana kalau imei nya 000000000000 semua?

    BalasHapus
  37. 310712510156073 butan mana ya :D

    BalasHapus
  38. nah , kalo imei nya hilang saat reset pabrik, gimana cara masukin atau ganti dengan imei yg lain Gan, trims

    BalasHapus
  39. Samsung Wave Y S5380 android apa bukan sob???

    BalasHapus
  40. punya ane 869895040000009...no cantic gan...

    BalasHapus
  41. 00 nih hehe,,, alhamdulilah...

    BalasHapus
  42. klo android replika biasanya imei nya kaya gmn tuh?
    soalnya marak banget nih android abal abal....

    BalasHapus
  43. alhamdulillah punya ane amrik punya, walo gak seneng2 amat ama si amrik hehee

    BalasHapus
  44. O4 buatan korea,,tp di hp nya tertulis made in china,,,gmana tu gan,,,?

    BalasHapus
  45. pnya gw 05 bozz, tp baru 2 minggu gw pake udh rusak n kata cs nya mesti ganti mainboard, tp dus nya made in vietnam,,, minta pencerahannya dong brooo????

    BalasHapus
  46. ui . Gan tolong d jawb , ane mw tnya klao galaxy tab 2 7.0 P3110 wifi , mw tao dr k aslian'a d cek'a dr mna ?
    ap sma tkan *#06# ?
    Thank's gan . Tolong d bls scepat'a .

    BalasHapus
  47. waduuhh,. punya ane 98 gan.,.??
    ap artinya,.?

    BalasHapus
  48. mskipun cuma galaxy mini, tp punya ane limited edition alias korea punya 04

    BalasHapus
  49. mksh infonya.tp saya mo nanya tentang unroot.

    BalasHapus
  50. Doctor saya telah meroot hp samsung GYs5360,kmudian berhasil dan saya rasa mkonek/sistem kerjanya msh sama seperti blm diroot.cuman bedanya bs memindahkan apl ke eksternal dan menghapus yg ada di internal/sistem dan saya salah menghapus akun google saya shingga tidak bs membuka google play sampai saya merasa kbingungan.kmudian saya mereset kedata pabrik tanpa melakukan "unroot" terlebih dulu dan akhirnya hp saya gk bs digunakan lagi tp msh bs dihidupkan dan dilayar tertulis "Emergency dial" dan change "language".dan sudah saya coba untuk meroot ulang tetep gk bs.mau saya coba unroot tp lom pny "updateunroot.zip".apakah hp saya masih bs dikembalikan lg seperti semula.tolong bantuanya Dok. terimakasih sblmnya.

    BalasHapus
  51. Di HP ane 04 dan kardusnya juga 04 tapi di HP & kardusnya ada tulisan dibuat di cina , trus gimana tuh?

    BalasHapus
  52. mantep gan pnya ane 05

    BalasHapus
  53. gan, masak buatan korea bagus?? Nyatanya hP ane sering bgt restart ndiri...

    BalasHapus
  54. gan I punya 05 /1 macam mana tu gan ..

    BalasHapus
  55. wah punya ane kebeneran 05 nih

    BalasHapus
  56. wah punya ane kebeneran 05 nih

    BalasHapus
  57. Zz made batam, limited edition....

    BalasHapus
  58. gan GNOTE2 ane 05 tapi kok ane ngerasa aneh ma kamera yang ane punya ya gan... soal'a hasil gambarnya beda bgt sama s3 ane... maklum gnote gratisan hahaha... tapi bagaimana kita tahu ya kamera yang terpsang itu sebenarnya 8Mp atau kgak?? mohon pencerahannnya gan...

    BalasHapus
  59. Balasan
    1. Buatan Amerika gan...... IMO kan pabriknya sekarang diamerika.....

      Hapus
  60. ace duos ane 05 gan, mantaplah...

    BalasHapus
  61. s4 dan ace 2 ane 07... :)

    BalasHapus
  62. asik limited edition 04 buatan korea

    BalasHapus
  63. tpi gmna cara ngaktifin jaringan 3gnya susah bgt

    BalasHapus
  64. asik limited edition 04 buatan korea

    BalasHapus
  65. wah ane bru tau tuh gan,,tp mantabbbb ....

    BalasHapus
  66. apakah China masuk dalam Asia Tenggara???

    BalasHapus
  67. Aka mw nanya ama Dokter, Samsung Galaxy Fame bagus gk dok???

    BalasHapus
  68. Maaf gan kalo punya ane 06. itu aseli apa ngga gan ? n buatan mana ?

    BalasHapus
  69. hadeehh,,,kok pd ribut buatan mana?? mau tau aslinya?? sekarang sdh sejak 2011 HP semua dibuat di China....

    BalasHapus
  70. Wah, Cross Andromeda A20 saya imeinya 05 .... bikinan amerika nih...... Asiiiik dapat barang bagus.....

    BalasHapus
  71. klw gw 007 ....
    jamesbond punya !! spesial edition...

    BalasHapus
  72. Tlng d bantu gan, sy punya note2 replika stlah restar nmr imei g ada ato g valid gmn mendapatkan kembali gan.tks

    BalasHapus
  73. kalo imei urutan ke tujuhnya angka 58 buatan mana itu?

    BalasHapus
  74. kalo imei urutan ke tujuhnya angka 58 buatan mana itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buatan Negara Sri Lanka, Kualitas DEWA, Ga ada duanya...
      Slamat yuaaaa :D ckckckck

      Hapus
  75. punya ane 05
    tapi ane lihatdibelakang baterai buatan vietnam..
    gimana tuh gan??

    BalasHapus
  76. punya ane 05
    tapi ane lihatdibelakang baterai buatan vietnam..
    gimana tuh gan??

    BalasHapus
  77. Ini Untuk tipe GALAXY TAB berapa?
    Punya SAMSUNG GALAXY TAB 2 GT P3100, Bisa???
    mksh ganz..

    BalasHapus
  78. Ini Untuk tipe GALAXY TAB berapa?
    Punya SAMSUNG GALAXY TAB 2 GT P3100, Bisa???
    mksh ganz..

    BalasHapus
  79. Punyaku 05 agan . . . Amrik ye? Hehe

    BalasHapus
  80. 358810041859117 yes

    BalasHapus
  81. Ada yg tahu kl 45 buatan mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buataan Indonesia pas Hari kemerdekaan 170819450000000 Haha :D

      Hapus
  82. imei hp original.00.01.03.30.04.40.05.50
    .kalau 02.20 kualitas jelek karena di buat di asia.

    .untuk android.lebih baik 05.50.karena buatan amerika.kanada.dengan kualitas
    sangat2 terbaik.
    untuk bb dan nokia 00.atau 01.dengan kualitas terbaik.mexico punya.

    jika selain nomor diatas.berarti buatan lokal.apalagi huruf lebih baik hp anda bakar.karena mesin sudah di oprak.alias bajak.

    BalasHapus
  83. 08.80 buatan jerman.dengan kualitas sedang.

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Cuman ngasih tau aja.....yg kaya bgini ni cuma mitos......ga ada hubungannya sama sekali sama hp nya dibuat disana......temen ane kerja di pabrik di cina....ngasih ane s2 2biji....cuma hp aja....cz barang sisa pabriknya.....dan imei nya 05 sama 01......

    BalasHapus
  86. Klo gw 212,,
    Wiro sableng punya..mantappp..

    BalasHapus
  87. My galaxy tab 7 plus 04 ,and galaxy young 05 :D

    BalasHapus
  88. Gan sbener'a kode imei itu ngaruh ke kualitas'a atw ke aslian hp'a gk c, cz barang yg sy beli BM kode imei 05 sedangkan tmen sy beli d counter2 kode'a jg sma 05 dgn harga lebih mahal.. Yg bner yg mn y?

    BalasHapus
  89. punya ane 05 gan
    tapi knpa ane cek di http://www.numberingplans.com gk keluar apa apa ya ?
    tolong pencerahannya

    BalasHapus
  90. Gan ane d ksh sohib ane d batam SG S4 tp angka imei ke-7 sama 8 nya angka 11.ane penasaran aja tuh gan, ori tw super copy tw abal2?





    BalasHapus
  91. 00 ma 05 bagus mana? atau coba urutkan dari yang paling bagus

    BalasHapus
  92. gan kok punya ane 353609056648018?, itu dari mana gan?

    BalasHapus
  93. 357638050209234/01 kalo itu gimana?

    BalasHapus
  94. gan hp ane cina tpi imeinya 04. Wah cmana tu gan ?

    BalasHapus
  95. Gimna kalo di cek imei angka ke7-8 nya 05, tapi made in cina. Gimana itu asli pa palsu...

    BalasHapus
  96. Gimna kalo di cek imei angka ke7-8 nya 05, tapi made in cina. Gimana itu asli pa palsu...

    BalasHapus
  97. walaupun imei punya agan" bagus butan amrik, kanada, korea, cina, vietnam, indonesia, batam, bila perlu buatan alam gaib, tp kalo itu imeinya ga kedaftar di Numbering Plans sama aja ga bagus gan.

    BalasHapus
  98. pnya ane 08 gan..
    gmna tuh..

    BalasHapus
  99. thx gannnnnnnnnnn

    BalasHapus
  100. Punyaku gini mas...201009181321258,,gimana tuh???di anggap asli tapi d cek *#06# gak muncul....dibilang palsu tapi d koneksikan ke PC isinya ori samsung semua...mhon infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya juga pernah nemuin yang seperti itu, sampai saat ini saya juga belum tau...

      Hapus
  101. tab2 ane anka ke 7 ke 8 05 tapi di casing nya made in vietnam by samsung menurut agan kualitas tab2 ane gmnani

    BalasHapus
  102. Kalo ane... belum punya HP gan

    BalasHapus
  103. Punyaku dua duanya samsung
    05 smua brrti bgus ya..
    Tpi kok ada tulisan di buat di vietnam sama yg satu di buat di china ya
    Bagusan mn brrati

    BalasHapus
  104. Uwahhhh brti hp imlek gw amrik nih 05

    BalasHapus
  105. Stauq saat baca di halaman sbelah klu angkanya slain yg diatas it brati hpnya palsu :)

    BalasHapus
  106. Punya Gua 56 Mana tuh ?
    kalo Dari Merek mungkin membantu (Cross)

    BalasHapus
  107. Hape Aldo e61 ane 04 gan Limited Edition heheheh :D

    BalasHapus
  108. mantap gan sangat membantu (y)

    BalasHapus
  109. gan web nya apa nih
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih, http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr

      Hapus
  110. punya ane klo diketik pake *#60# hasilnya 05 tapi yang tertulis dibalik batttre 03 madeinnya korea mana yang bener gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang seperti itu biasanya rakitan sob, jadi mesinnya hasil eksport dalam artian masing - masing komponen berasal dari banyak tempat lalu dirakit

      Hapus
  111. gan Vibrate/getar Ace duos s6802 ane kaga jln2 pdhal di sett nya "selalu"
    mohon solusinya yah gan...
    thqyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba test getaran sobat tekan di dial up sobat *#0842#

      Hapus

...Ayo tinggalkan komentar...
...Komentar sobat sangat membantu kemajuan blog ini...
Warning : Harap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, Jangan menggunakan bahasa daerah atau bahasa elien karena saya gak ngerti.