Sabtu, 29 Desember 2012

Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Lemot





Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Lemot. Apakah Android sobat Lemot dan sobat tidak tau Pencebabnya bahkan Cara Mengatasinya. Sepertinya sobat masuk ke blog yang tepat. Pada postingan kali ini Drio AC (Dokter Android) akan mengulas sedikit tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Lemot. Anda siap?, let’s do it




Penyebab Dan Cara Mengatasi

1. Penyebab yang paling utama jika Android Lemot adalah karena terdapat beberapa aplikasi (tanpa sepengetahuan kita) yang berjalan pada Android, kasus ini sering terjadi pada Android yang bertipe low-end, cara mengatasinya adalah tekan tombol home selama 2 detik, setelah itu masuk ke pengelola tugas, setelah itu akan ada daftar aplikasi yang berjalan, tekan tombol Akhir untuk menutup aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita.

2. Penyebab yang kedua adalah karena RAM yang kecil, RAM disini berfungsi sebagai Penyimpanan sementara. RAM adalah salah penentu kecepatan atau performa pada Mesin Komputer. Jika suatu aplikasi dijalankan secara bersamaan atau multitasking, maka penyimpanan pada RAM akan semakin penuh, dan membuat Android Lemot. Untuk cara mengatasinya, anda bisa baca disini .

3. Aplikasi yang banyak, aplikasi yang banyak memang membuat kebanggaan tersendiri bagi diri Kita, tapi taukah sobat, semakin banyak aplikasi yang terinstal maka performa kecepatan akan semakin lambat, pasalnya beberapa aplikasi ada yang tetap berjalan tetapi tidak terdapat pada pengelola tugas, untuk mengetahuinya masuk ke pengaturan>> Aplikasi>> Menjalankan Layanan>> Berjalan. Untuk cara mengatasinya anda bisa uninstall aplikasi yang tidak berguna, jangan sampai aplikasi anda mubazir. Tapi, jika tidak mau uninstall dalam artian masih cinta pada aplikasi, anda bisa melakukan freezing menggunakan Link To SD.

4. Live Walpaper, launcher, dan widget juga menjadi salah satu pemicu lag, memang terlihat bagus sih, tapi sobat harus menikmati keleletan . Cara mengatasinya uninstall live wallpaper dan  hapus widget-widget pada tampilan home, letakan saja yang lebih ringan. Sedikit saran dari Drio AC, gunakan saja launcher yang ringan, dan jangan gunakan Go Launcher jika memang HP sobat termasuk dalam Kategori Low-end.

Sedikit Tambahan Dalam mendongkrak performa:

1. Gunakan aplikasi unility yang membantu performa, seperti Advance Task  Manager, Ram Booster, Rakun Optimizer, dan lain lain

2. Overclock, dengan overclock maka kecepatan performa prosesor akan semakin semakin bertambah tetapi membuat baterai semakin boros dan jika dalam jangka panjang menyebabkan umur HH semakin pendek. Gunakan aplikasi Set CPU untuk overclock HH anda

3. Custom Rom, nah beberapa cusrom menawarkan fitur yang cukup baik pada penggunanya salah satunya dalam performa, jangan lihat cusrom dari tampilannya, tapi lihatlah dari fitur-fitur serta keunggulanya.

Sekian postingan dari saya semoga postingan Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Lemot bisa menjawab masalah-masalah sobat.





70 komentar:

  1. Postingannya berantakan ane jadi bingung bacanya gan...
    Maaf lancang
    Keep posting lah gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa apa sob
      komentar kayak gini yang saya tunggu...
      Oke akan saya rapihkan
      makasih masukannya :)

      Hapus
  2. harun dalam kondisi rooted ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud sobat apa?
      yang mana dalam kondisi root?

      Hapus
  3. saya pke sony tipo mas, ketikannya suka ngelag, padahal ramnya msi sisa 200 mb lgi dari 512mb. itu knpa y mas? kdg direstart, trus baik, trus ngelag lagi.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca ini sob:

      http://androdoctor.blogspot.com/2013/01/rakun-optimizer-aplikasi-yang-membuat.html

      Hapus
  4. maksih gan, meski agak bingung dikit, pengguna baru soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama sob,
      makasih udah baca :)

      Hapus
  5. Hp sya "samsung galaxy chat GT-B5330" kok sering nge-lag ya gan... u/ kembali seperti semula sya hrus sering" restart hp,

    Soal custom sya blom pham gan, apa itu aplikasi...?
    mhon bantuannya gan, 5f sya baru" ini menggunakan andoid

    Thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada aplikasi yang berjalan diam-diam sob...

      Hapus
    2. Cara ngatasin nya gimana gan...?

      Hapus
    3. Coba Pake aplikasi RAM boster ...

      Hapus
    4. Oke...
      Thanks gan info nya...

      Hapus
  6. Untuk samsung kalau lag coba anda kembali ke pabrikan
    back up dulu semua data karena ini akan menyebabkan data semua terhapus
    and jangan di rooted biasanya kalau android sudah di root akan menyebabkan lag namun performa ++

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu adalah cara akhir sob...
      masih ada jalan lainya...

      Hapus
  7. saya pengguna samsung galaxy pocket .. terus kenapa kadang - kadang suka lag tanpa sebab ? itu kenapa ya ? apa ramnya terlalu kecil atau gimana ?

    BalasHapus
  8. saya pengguna IMO tab Z7 . layarnya itu sering ngelag. apalagi pas abis browsing ke tpilan utamanya sering lama munculnya? itu gmna ya gan!
    mohon jawabannya gan .

    BalasHapus
  9. saya pengguna IMO tab Z7 . layarnya itu sering ngelag. apalagi pas abis browsing ke tpilan utamanya sering lama munculnya? itu gmna ya gan!
    mohon jawabannya gan .

    BalasHapus
  10. maaf gan aga lancang,
    say engga paham apa yang anda bicarakan gan,jadi engga bisa nangkep isi postingan ini.terima kasih

    BalasHapus
  11. android ane(cross A1) lemot banget gan ,bener bener lemot kayak keong gara2 di flash ulang..
    Pas aku cek di manageApp nya,sistem androidnya 0kb gan,datanya ilang smua..
    Minta solusinya gan biar hh ane normal lg ... Pleeasssee :(

    BalasHapus
  12. web download aplikasinya dimana gan,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal ke play store..
      google store lah. !

      Hapus
    2. Tinggal ke play store..
      google store lah. !

      Hapus
  13. Ada yang tau kenapa samsung galaxy tab 2 sering kerestart sendiri? Aplikasinya sudah banyak yang diuninstall tapi tetap saja

    BalasHapus
  14. gan saya pengguna samsung galaxy fame. Hp saya sering lemot kalo sedang memakai app seperti camera, photo editor. Tapi saya sudah menguninstall banyak app dan saya men download RAM Booster tapi kok gk ada perubahan ya gan. Dan saya juga udah sering bulak-balik nge restart hp. kata teman saya harus di downgrade. Tapi bisa tidak samsung galaxy fame di downgrade? Saya mohon jawabannya ya gan. Maaf kalau kata2nya terlalu panjang

    BalasHapus
  15. terimakasih mas tips dan triknya... ini sangat membantu buat hp android dengan memori dan ram yang kes=cil seperti punya saya....

    BalasHapus
  16. gan kalau galaxy fame kalau ada tulisan google play store terhenti gmna cara ngatasinya gan

    BalasHapus
  17. Gan s3 mini saya main asphalt 8 ngelag solusinya gimana?
    Padahal app nya cuma itu sama after earth

    BalasHapus
  18. gan HP gua kagak ada sinyal nya gan

    BalasHapus
  19. gan hp saya jelek.. pengen yang baru... beliin dong gan pake duit agan

    BalasHapus
  20. gan aku kepengen boker gan

    BalasHapus
  21. gan bagi duit dong gan

    BalasHapus
  22. kalo cara overclock buat tipo dual gimana gan

    BalasHapus
  23. gan gw make tab imo kemaren sering restard terus tak service, pas tak ambil kok malah not responding ya ga bisa di apa"in pencerahan dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa diapa - apain sama sekali?
      kalau boleh saran, tanyakan dulu pada pihak yang telah service tab imo sobat, karena ini tidak lepas dari tanggung jawab pihak tersebut sob...

      Hapus
  24. gan mau tanya, hp ku kan samsung galaxy chat. ram nya kan dikit banget.
    bgaimana tu gan caranya biar tidak lemod.
    trus bagaimana gan cara ngeroot hp tersebut, apakah bisa rusak pa gak jika diroot atau ngerootnya salah.
    aku takut mau ngeroot hp trsebut gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau gak lemot sebaiknya dioptimize aja, atau sobat bisa menggunakan bantuan aplikasi, atau pilihan lainnya seperti overclock
      Nggak akan terjadi seperti itu sob, asal diikuti dengn tutorial yang benar, semuanya akan baik - baik saja

      Hapus
    2. agan kan sdah bnyak pngalaman. bgaimana cranya ngeroot nya gan. soale kalo di web" aku gak bgitu prcya.

      Hapus
    3. Kalau saya sendiri lebih suka yang melalui aplikasi seperti frameroot.apk

      Hapus
  25. Ak pemakai galxy fame sungguh lola amat gk bs diajk komprom N sering restart dr prtm x makai ....mang dr hpny to appsku yg kbnykn ....mhn bntuany

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi sob, tapi sobat perlu memastikan dulu, pastikan bahwa apakah internal dan eksternal sedang mengalami kepenuhan memory, sebenarnya banyakl penyebabnya, pastikan dulu sob, coba back up data lalu reset, kemudian rasakan Android sobat apakah berbeda atau tetap sama...

      Hapus
  26. gan,ane punya samsung galaxy ace s5830...cuma lemot gan..
    padahal aplikasi cuma ada 3 aja yang saya instal,fesbuk,cleaner,sma 360.....

    cara ngatasinnya gimana ya gan??
    1 lagi gan,ane punya tab ics dual core 512 mb......klo misalnya dipake buat game HD 950MB bisa ngaruh gk gan ke prosesornya???
    solusi si download yang cepat gimana ya gan,klo game kaya gitu,dari kemarin ane download udh di tengah jalan gagal terus...

    mangap gan,kepanjangan....trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba lakukan pengecekan dan pembersihan data cache secara berkala
      2. Kalo tetep terus digunakan dan dipaksain akan berpengaruh sob
      3. Kalo mau download game yang segede gitu usahakan lewat PC

      Hapus
  27. tampilanya gak enak dimata gan.jadi malas bacany

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya edit sob, makasih sarannya...

      Hapus
  28. makasih atas infonya sob ....

    BalasHapus
  29. Saya pengguna tab3 tapi jadi lemot setelah saya reset kembali.....kenapa ya???

    BalasHapus
  30. Gan ane bru aj pke mito a300 tpk npa ya klo bwat buka situs sring mncul "wabpage not available" mhon infony mklum pmula

    BalasHapus
  31. gan,samsung kok restrat terus ya ?bisa bantu gak gan ?

    BalasHapus
  32. uia gan samsung ane tipenya samsung galaxy tab II GT-P3100 . bales ya gan..

    BalasHapus
  33. Gan permisis mau tanya ko smsung tab 2 w sering lag yah pdhal udh pke clean ,master mhon bantuan info y

    BalasHapus
  34. gan memori ram saya kok slalu gull eah ,pdahal aplikasi yang djlankan cuma sedikit ,tlong bantuannya gan ?

    BalasHapus
  35. Ka aku pake galaxy tab 2 ,knapa ya klo browsing lelet skarang .trus download jga lama biasanya cpet .itu knapa ya ?trutama download nya

    BalasHapus
  36. gan anvir itu mempengaruhi ram dan kecepatan hp gak ya? soalnya klo lgi main game racing sering bgd nge_lag padahal udh di clear aplikasi yg terbuka... thx gan.. mohon bantuannya gan,,,,

    BalasHapus
  37. postingannya jelas kok gan, saya langsung mengerti maksudnya, tp saya mau tanya dong, HH saya ramnya sekarang terus berkurang, memang waktu itu setelah saya root ram bertambah, saya banyak coba coba aplikasi, tapi kenapa ram saya terus saja berkurang ya,, padahal aplikasi yang saya copot sudah banyak, cahce saya bersihkan, tapi masih saja berat ya gan, mohon bantuannya ya master^^,,
    Harry

    BalasHapus
  38. Hp saya cross a 27 . Hp saya g pernah lemot. Lancar jaya.. saya sering bersihin pake clean master.. terus pake app manager III .. download aja d play store. Klo msh lemot.. brarti minta d jual gan. Haha

    BalasHapus
  39. Siang gan......knp y samsung galaxi fame yg saya gunakan terkadang lemot ,loading nya jg lama...tp kdng juga bs cepet sndri...tolong sdikt pnjelasan nya gan.....tha'nks

    BalasHapus
  40. Siang gan......knp y samsung galaxi fame yg saya gunakan terkadang lemot ,loading nya jg lama...tp kdng juga bs cepet sndri...tolong sdikt pnjelasan nya gan.....tha'nks

    BalasHapus
  41. Intinya apa aja yg kita harus lakukan kalo Tab 3 kita lemot..dan aplikasi apa yg bagus biar tab kita gak lemot..??
    *) Jadi setiap aku mau buka aplikasi Path,selalu aja lemot banget loadingnya.?itu kenapa ya?
    Terus aku mau nanya kira2 Antivirus yg bagus apa ya?soalnya aku pakenya 360 Security...
    Tapi tetep aja lemot...
    Thank ya :-)

    BalasHapus
  42. gan kalo hp ace 2 sering banget lag & ngehang pdahal ngga ada game, cuma ada aplikasi BBM , c360 , Clean Master , AVG Anti Virus . Itu kenapa ya gan ? tolong yang tau share ke ane' gan, bagi" ilmu ;)

    Makasih

    BalasHapus
  43. Gan aku pke samsung tab3 7inc, yg mau aku tanyakan, kenapa ea kok lelet bgt?

    BalasHapus
  44. Mz nuwun sewu saya mau tanya ku pake galaxy fame...tpi kenapa ra kalo buat main game lemot..bahkan bgga bsa di mainkan...tolong solusinya ea mz...

    BalasHapus
  45. Mz nuwun sewu saya mau tanya ku pake galaxy fame...tpi kenapa ra kalo buat main game lemot..bahkan bgga bsa di mainkan...tolong solusinya ea mz...

    BalasHapus

...Ayo tinggalkan komentar...
...Komentar sobat sangat membantu kemajuan blog ini...
Warning : Harap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, Jangan menggunakan bahasa daerah atau bahasa elien karena saya gak ngerti.